April 24, 2015

10 Percakapan Dalam Bahasa Korea yang Harus Kamu Ketahui

Buat yang baru belajar bahasa korea, mungkin kalian sering denger kata-kata ini dan kalau kalian suka nonton drama, mungkin kalian bisa menduga-duga artinya.. Tapi, apa sih arti sebenernya kata-kata ini?



1. 뭐해? meohae (Lagi Ngapain?)
Daripada bilang Halo, kamu bisa pakai kalimat ini waktu bertemu temen. Arti sebenernya 'Apa yang sedang kamu lakukan'

2. 방가방가 bang-ga, bang-ha (Senang berjumpa.)
반가워 (bangawo) salah satu kata kerja yang berarti 'Senang bertemu denganmu'. Daripada kepanjangan, anak-anak muda cuma bilang 반가 dua kali secara kasual.

3. 잘.. jal Well.. (Aku nggak tahu.)
Seperti kebanyakan negara asia lain, orang korea nggak begitu suka bilang 'Tidak' secara langsung (mungkin ga enak kali ya) jadi mereka cuma bilang 잘 (jal) yang berasal dari kata‘잘 몰라요 (jal mollayo)’ yang artinya 'Aku tidak tahu'. Pokoknya kalo kamu denger ada yang bilang ini ke kamu berarti sebenernya dia bermaksud menolak permintaanmu.

4. 잠시만요 jamsimanyo (Permisi)
Terdengar lebih natural daripada kalimat 실례합니다 (sillyehamnida) yang berarti permisi. Arti sebenernya itu 'Tunggu sebentar', Jadi kamu bilang kalimat ini saat memanggil seseorang atau butuh perhatian.

5. 저기요.. jeogiyo (Permisi)
Berarti permisi yang memanggil orang dari jauh.

6. 정말 jeongmal (Beneran?)
Kalo yang ini pasti sering denger kan? Berarti 'Beneran?' atau 'Seriusan?' bukan kalimat tanya tapi pertanyaan yang sebenernya udah jelas jawabannya. Atau bisa juga kamu bilang ‘정말’ waktu takjub denger apa yang disampaikan temen kamu.

7. 네? ne (Permisi? Berarti, Ya?)
Waktu kamu mau nanya ke seseorang sekali lagi.. Mungkin karena kamu lupa atau kurang dengar apa yang dia bilang sebelumnya. Kamu bisa bilang 네? yang arti sebenernya adalah 'Ya?' tanpa bermakna kasar.

8. 야! ya (Hei)
Untuk manggil temen, kamu bisa bilang 야 (ya!). Itu kayak panggilan Hei. Tapi ingat, cuma digunakan sesama temen ya..

9. 근데.. geunde (Ngomong-ngomong)
Kamu bisa bilang 근데 untuk mengganti topik pembicaraan. Saat ngobrol sama orang yang lebih tua, jangan lupa ditambah -yo yang dibelakangnya, jadi 근데요 (geundeyo).

10. 괜찮아요 gwenchanayo (Oke?)
Berarti 'Oke'. Bisa juga digunakan untuk bertanya ke orang apa dia baik-baik aja, kayak 'Kamu ga apa?' dan bisa juga dipakai untuk menjawab pertanyaan, kayak, 'oke'. Dalam beberapa percakapan,  ‘괜찮아요’ juga berarti 'Aku suka', bukan berarti 'Ga apa'. Jadi lebih baik diperhatikan kalimat yang digunakan waktu bercakap-cakap dalam bahasa korea ya.

No comments: