April 14, 2015

KFOODS: Cara Mudah Membuat Hotteok

Buat yang suka makanan korea ada satu lagi nih jajanan jalanan korea yang seru, yaitu Hotteok atau pancake korea. Umumnya pancake disiram sirup diluar kalau hotteok sirupnya justru didalamnya. Enak banget dimakan panas-panas sambil ngeteh.


Cara buatnya gampang tapi makan waktu buat mengembangkan adonan roti beragi nya. Pertama-tama, semua bahan dicampur jadi satu dalam wadah besar. Lalu tutup dengan kain bersih atau plastic wrap. Diamkan selama 1 jam.


Setelah 1 jam, aduk-aduk lagi sampai menjadi satu gumpalan. Tutup kembali dan diamkan selama 20 menit.


Keluarkan adonan yang telah mengembang pada wadah datar yang telah ditaburi tepung. taburi juga bagian atas adonan. Kemudian bagi adonan menjadi delapan bagian.


Ambil satu bagian dan pipihkan dengan tangan, isikan satu sendok makan bahan isian lalu tutup adonan sampai benar-benar rapat.


Panaskan wajan datar yang telah diberi sedikit minyak. Masukan hotteok dan diamkan sebentar lalu tekan adonan dengan spatula atau bagian bawah gelas sampai memipih. Diamkan sampai kecoklatan.


Balik, lalu tutup wajan selama 1 - 2 menit. Angkat bila hotteok sudah terlihat kecoklatan. Sajikan selagi panas. Selamat mencoba :)


Bahan-bahan:
245 gram tepung terigu
2 sdm gula pasir
2 sdt ragi instan
1/2 sdt garam
235ml air hangat kuku

Filling (campur rata):
40 gram gula palm
1/2 sdt bubuk kayu manis
2 sdm kacang tanah cincang

(/src saltedbuns)

No comments: