March 23, 2015

K-FOODS: Menariknya Filosofi Makanan Korea


Buat yang doyan nonton drama korea pasti udah gak asing lagi sama makanan-makanan korea yang selalu sukses bikin kita nelan ludah. Pada tau gak sih kalau sebenarnya dikorea itu makan dan makanan adalah big deal! Kalau bisa semua makanan harus dari bahan alami, dibuat dengan cinta dan ketulusan hati, ini seriusan deh.. Kebanyakan dari mereka selalu meyakini bahwa obat terbaik untuk segala macam penyakit adalah makanan sehat dan alami. Selain itu, makanan juga dipercaya sebagai berkah yang dibawa oleh leluhur-leluhur mereka. 

Nah pada sadar gak kalau dihampir setiap makanan khas korea ada terdapat macam-macam warna yang colorful? Seperti contohnya pada bibimbap atau japchae. Hal itu bukan cuma buat penampilan makanannya jadi cantik tapi juga ada makna dibaliknya loh. 


Warna utama (ada 5) yang paling banyak digunakan biasa disebut obangsaek yang masing-masing warna melambangkan sesuatu dan punya makna sendiri. Warna tersebut mewakili emosi, seperti rasa takut dan marah. Juga ada hubungannya sama organ dalam tubuh dan dengan lima rasa penting, asam, pahit, manis, pedas, dan asin. Nih berikut makna singkat dari masing-masing warnanya:



  • Warna merah (elemen api) melambangkan tingkah laku dan pengkhidmatan. Bahan umumnya seperti cabe, kacang merah, dan beras merah yang baik untuk sirkulasi darah.
  • Warna putih  (elemen logam) melambangkan kemurnian dan keadilan. Bahan umumnya seperti bawang, lobak, dan kecambah yang baik untuk paru-paru dan sistem pernafasan
  • Warna kuning (elemen bumi) melambangkan kebajikan, kejujuran, dan kewenangan. Bahan umumnya seperti kedelai, labu, ubi manis yang baik untuk fungsi pankreas dan penambah nafsu makan.
  • Warna hijau (elemen kayu) melambangkan youth dan pepohonan. Bahan umumnya seperti sayuran hijau, mentimun, daun bawang yang berguna untuk kesehatan jantung dan usus. 
  • Warna hitam (elemen air) melambangkan kebijaksanaan. Dapat menenangkan pikiran. Bahan umumnya seperti kacang hitam, beras hitam, wijen hitam yang baik untuk hati dan ginjal.

Dari kelima elemen itu, gak ada yang namanya lebih baik atau lebih benar antara satu sama lainnya, yang paling penting itu adalah BALANCE / yin yang.

Segitu matternya ya urusan makanan gini. Bahkan di era modern sekarang yang umunya makanan banyak fast food, kebanyakan orang korea masih mempercayai filosfi dibalik makanan mereka. Jadi jangan heran begitu kesana menemukan makanan dengan warna-warna colorful yang tentunya tinggi nilai gizi atau snack-snack yang dijual dipasaran tanpa perasa artificial. 


Hal begini nih kayanya patut kita contoh yaa... kita kadang suka seenaknya masukin makanan ke tubuh kita gak tau bagus apa gak buat tubuh pokoknya kunyah aja hehe yang penting enak deh. Padahal seharusnya justru itu paling penting buat diperhatikan karena makanan sehat jadi awal mula tubuh yang sehat. Tubuh yang sehat bisa bikin kita beraktifitas lebih maksimal lagi. 

No comments: