April 13, 2015

25 Hal Yang Harus Kamu Tahu Tentang Korean Drama


Korean drama memang menarik untuk ditonton tapi ada beberapa hal yang patut kamu tahu, terutama para newbie dalam hal k-drama, tentang korean drama.


1) Pada umumunya drama korea ada sekitar 13-30 episode. Paling sering 16 episode. Untuk family drama biasanya lebih panjang, yaitu sekitar 50-100+ episode.

2) Jadwal penayangan drama korea biasanya 2 kali dalam seminggu.

3) Sama seperti sinetron Indonesia, drama korea juga memberlakukan system kejar tayang. Jadi jangan kaget jika cerita atau karakter dalam sebuah drama tiba-tiba berubah.

4) Genre utama dalam drama korea: Rom-Com/Romace, Makjang (Melodrama opera sabun yang ekstrem), Saeguk (Historical Drama)/Fusion Saeguk (Historical drama yang dibumbui dengan cerita modern atau fantasi). Ada juga drama yang ber-genre medical atau crime drama.

5) Genre dalam drama korea bisa juga menipu. Misal, drama ber-genre Rom-Com bisa memiliki cerita tragis. Sebaliknya, drama ber-genre Melodrama bisa memiliki cerita yang lucu.

6) Cewek korea dalam drama jarang memamerkan kulitnya kecuali bagian kaki,pada musim dingin sekalipun. Selalu ada adegan shirtless untuk para pria dalam k-drama.

7) Alur cerita biasanya penuh dengan rahasia kelahiran, peruntungan yang tiba-tiba, penculikan, dendam, koneksi antara satu dengan lainnya, kebetulan yang mustahil, karakter unik dari karakter tambahan lain.

8) Terdapat perbedaan kelas (Seperti si Kaya dan si Miskin atau Japanaese atau Chinese karakter) Sangat sedikit ada pemeran yang non Korean. Sangat jarang ada karakter homoseksual atau lesbian.

9) TV Shows di korea dimonitor sekali. Sama seperti di Indonesia, mereka juga memberlakukan sensor untuk adegan-adegan yang tidak sesuai untuk ditayangkan di televisi. Tapi, dalam korean drama masih menayangkan adegan ciuman atau kissing scene. Cuma tidak terlalu berlebihan seperti pada negara western. Kebanyakan kissing scene hanya menyentuh bibir satu sama lain. Jika lebih dari itu, akan mendapat rating R.

10) Crying scene adalah salah satu adegan terbaik dalam drama korea. Adalah hal yang biasa jika kita melihat karakter pria-nya menangis tersedu-sedu.

11) Biasanya ada seseorang yang yatim-piatu, meninggal karena penyakit, anak yang ditelantarkan ibu nya.

12) Keluarga berperan besar dalam cerita.

13) Konglomerat di korea yang biasa disebut Chaebol, memang sangaaat kaya raya dan biasanya kekayaannya mampu menghidupi keluarganya hingga tujuh turunan.

14) Ramen dan Soju adalah hal yang tak terpisahkan dalam drama korea.

15) Paling sering terdiri dari peran utama pria dan wanita + peran tambahan pria dan wanita lain yang bisa bikin kisah cinta segitiga bahkan segiempat. Peran tambahan pria yang biasa kita sebut dengan Secon lead male, biasanya adalah nice guy yang selalu ada di sisi pemeran utama wanita.

16) Uang dan kecantikan fisik juga sangat berperan.

17) Terdapat minimal 1 idol (Penyanyi kpop) atau model yang ikut berperan dalam sebuah drama. Biasanya untuk menarik viewers muda.

18) Menceritakan sebuah pekerjaan/indutri secara detail.

19) Sering ada lompatan waktu, misal, 5 tahun kemudian, etc.

20) Drama korea tidak jarang membuat penontonnya ketagihan. Bahkan sampai sedih jika drama yang ditonton akhirnya tamat.

21) Jika drama itu sangat popular biasanya akan ada tambahan 1-2 episode. Namun ini jarang terjadi.

22) Kamu akan sadar banyak music barat yang diputar dalam drama korea terutama saat scene-scene dalam restoran.

23) Tidak jarang karakter utamanya ikut menyumbangkan 1 buah lagu untuk soundtrack dalam drama tersebut walaupun dia bukan penyanyi.

24) Selalu ada adegan dimana salah satu karakter mabuk dan akhirnya menceritakan segala yang dipendamnya atau rahasianya kepada orang lain.

25) Kata-kata yang sering diucapkan: Ajja, Hwaiting, Saranghae, Aigoo, etc.





source mihansa+randomsoju
edited, add on by koreansplash

No comments: