April 2, 2015

5 Hal 'Korea Banget' yang Wajib Kamu Ketahui

Punya rencana tinggal dan stay lama di korea? 5 hal 'korea banget' ini wajib kamu tahu sebelum settled disana supaya gak bingung sendiri nantinya. Check it out.


Greeting/Bowing
Pastinya bukan hal baru lagi buat para pecinta korea mengenai budaya membungkukan badan ketika menyapa orang, khususnya untuk orang yang lebih tua atau dalam situasi yang formal. Kalau untuk komunikasi dengan yang seumur atau orang lebih mudah, cukup dengan anggukan kepala sambil sebutkan sapaan sudah cukup sopan kok.


Kimchi
Yup. Makanan yang terbuat dari kubis dan bumbu-bumbu ini adalah hal paling crucial atau wajib ada dalam settingan makan di korea. Mau makan dirumah atau di restaurant, kimchi akan selalu hadir menemani. Buat yang belum pernah makan kimchi, biasanya emang sedikit strong rasanya waktu pertama kali coba tapi lama-lama bisa nagih juga loh. Jadi jangan takut untuk mencoba.


Soju

Minuman beralkohol yang gak bisa dilepasin dari warga korea. Pokoknya apapun snacknya, dimanapun tempatnya, kalau udah ngumpul sama temen soju wajib ada. Jangan terkecoh dengan harga murahnya ya karena walaupun murah soju ini strong kandungan alkoholnya. Kalau ga biasa minum mesti berhati-hati.


Coffee Shop

Kayaknya di setiap sudut jalan di Seoul selalu -selalu- bisa ketemukan coffee shop yang beragam bentuk. Mulai dari coffee chains (lokal maupun internasional) sampai coffee shop lokal dengan beragam tema (vintage, animals, book, etc). Lucunya walaupun gampang banget ditemui, hampir semua coffee shop disana selalu dipenuhi orang yang lagi relax dari kerjaan, yang lagi ngerjain tugas, yang lagi pacaran juga banyak hehe.. dan walaupun menjamur dimana-mana, rasa kopi tiap-tiap coffee shop bersaing loh, kualitas kopinya sangat baik. Buat yang ga suka kopi ga perlu khawatir, karena hampir semua coffee shop juga menyediakan beragam minuman non kopi yang ga kalah nikmat. Dijamin bikin pengen nongkrong tiap waktu.


Agressive Car's Driver

Ini penting banget. Di korea para pengemudi mobil suka kaya punya seribu nyawa kalau lagi berkendara. Belok kanan-kiri suka dadakan, mutar balik juga dibuat dramatis, pokoknya bikin sport jantung. Mungkin emang faktor sibuk dan terburu-buru ya tapi tetep aja serem. Makanya buat kamu-kamu yang stay disana mesti berhati-hati kalau berkendara dan juga menyebrang jalan. Jangan menyebrang jalan selain di zebra cross karena itu sama aja cari mati. Saking ngebutnya para pengendara mobil, bakalan susah buat mereka ngerem mendadak, salah-salah bisa kelindes. Harus hati-hati banget ya ini, jangan diremehkan!

No comments: