April 10, 2015

LEARNING KOREAN: Mengenal Bahasa Slang Korea



Sebelumnya mungkin ada yang belum tau, apa sih bahasa slang itu?
Menurut situs ternama Wikipedia, Bahasa slang itu adalah ragam bahasa tidak resmi dan belum baku yang sifatnya musiman. Biasanya digunakan oleh kelompok sosial tertentu untuk berkomunikasi internal agar yang bukan anggota kelompok tidak mengerti.

Pada kesempatan ini, kita mau ngajak kalian semua buat tau bahasa slang korea yang ga akan ditemukan dalam panduan buku korea manapun. Maupun yang tidak dipelajari dalam kelas bahasa korea.

Ini adalah bahasa korea slang yang sering digunakan oleh orang korea


대박 [Dae-bak] 
Sering digunakan untuk mengekspresikan sebuah peruntungan besar. Dalam bahasa inggris bisa berarti “Jackpot” Bisa digunakan untuk mengekspresikan hal positif maupun hal yang sangat negatif (Berupa sindiran)


짱 (Jjang) 
Ini salah satu kata yang paling sering kita dengar yang berarti ‘The Best’ (terbaik) atau ‘Awesome’ (mengagumkan)


훈남/훈녀[Hum nam/Hum neo] 
Kata ini mengacu untuk seseorang yang charming atau gentleman atau orang yang memiliki aura lembut. Biasanya, untuk orang-orang yang terlihat bertanggungjawab dan tidak hanya menarik dari sisi luarnya namun juga memiliki sifat baik.


고답이 [Go-Dab-I]
Kata ini juga berarti ‘sweet potato’, yang digunakan untuk mendeskripsikan seseorang yang tidak mudah paham segala sesuatunya, atau bahasa kasarnya, lemot.


심쿵 [Sim-Kung]
Dibentuk dari dua kata yang mengacu kepada hati. Biasa digunakan untuk menyebut orang yang ditaksir/disukai.


엄친아 [Um-chin-ah]/ 엄친딸 [Um-chin-dtal] 
Memiliki arti my mom’s friend’s son (anak laki-laki dari teman mama) yang biasa digunakan untuk menyebut seseorang yang sangat pandai dalam hal apapun


행쇼 [Haeng-syo]
Pertama kali dipopulerkan oleh member BigBang, G-Dragon. Kata ini biasanya digunakan untuk mengucapkan selamat tinggal yang berarti, berbahagialah. Atau bisa juga berarti ‘peace’ saat kamu pergi meninggalkan teman.


빡친다 [Bbak-chin-da]
Seperti kata makian yang biasa digunakan saat kamu sedang marah atau merasa sangat terganggu


금사빠 [Geum-sa-bba]
Love is the moment. Seseorang yang mudah jatuh cinta pada pandangan pertama.  Ini sebenarnya merupakan kepanjangan dari 금방 사랑에 빠지는 사람.


웃프다 [Ut-pu-dah]
Campuran kata yang berarti lucu dan sedih. Kata ini digunakan untuk situasi dimana kamu tidak tahu harus tertawa atau menangis.


멘붕 [men bung] 
Merupakan singkatan dari멘탈붕괴 [men tal bung goe] yang berarti ‘Mental Breakdown’ atau bahasa internet nya adalah OTL.


Sekarang udah pada paham kan arti dari kata-kata ini? Jadi makin mudah dong kalo nonton kdrama atau korean variety show kalau subtitle nya belum muncul? 

Last, Good luck bagi yang sedang mempelajari bahasa korea ^^


No comments: