March 26, 2015

Hal-hal yang TIDAK Boleh Dilakukan Selama Berada di Korea

Ada rencana liburan ke korea dalam waktu dekat? Nah, daripada nanti disana kena culture shock dan mati gaya ada baiknya sedikit mengetahui kebiasaan orang-orang korea yang mungkin bisa jadi guidelines kalian selama disana atau sekedar tambahan pengetahuan. Gak perlu repot nyari kemana-mana kok, kita bakal bahas habis-habisan tentang culture dan kebiasaan orang korea disini. 



Sekarang mari yuk kita bahas mengenai hal-hal apa aja sih yang seharusnya JANGAN kita lakukan selama disana...

1. Duduk di bangku khusus lansia/ibu hamil di transportasi umum
Untuk hal satu ini warga korea cenderung disiplin loh. Pada saat jam padat, walaupun bangku khusus ini lagi kosong, mereka tetep lebih milih berdiri daripada duduk dikursi yang bukan haknya. Ini jangan sampai diabaikan yaa, walaupun capek banget pengen duduk. Bagus lagi kalo juga diaplikasikan di negara sendiri.

2. Menerima sesuatu dari orang lain dengan satu tangan
Kalau ada seseorang yang memberikan barang atau bahkan menyodorkan untuk bersalaman (khususnya orang yang lebih tua), ada baiknya kalo kita menyambutnya dengan dua tangan karena kalau cuma satu tangan bakal dianggap gak sopan.

3. Bersuara nyaring di transportasi umum
Sepadat-padanya subway atau bus pada jam tertentu tetep aja gak kedengaran berisik karena hampir semua orang kalau ngobrol suaranya pelan banget (sampai kaya impossible buat nguping :p). Salah-salah bisa kena tegur loh sama penumpang lain yang lagi capek dan kepingin tidur.

4. Pakai sendal dalam rumah
Nah ini masih mirip sama budaya orang indonesia nih. Orang korea juga gak suka kalau ada orang yang masuk rumah dengan alas kaki dari luar karena kotor tentunya. Kalaupun pengen pakai sendal, ya mesti pakai slipper khusus dalam rumah.

5. Baju yang terbuka bagian bahu (cewek only)
Ini cukup unik nih, dikorea sana kalau ada cewek yang pakai baju dengan bagian atas sedikit terbuka atau sexy, mereka cenderung bakal di judge sama orang-orang tua. Lucunya semacam rok mini atau celana pendek banget itu justru acceptable dan sah-sah aja buat dipakai.. hihi padahal sama-sama terbuka ya.

6. Gak perlu berangkat terlalu pagi
Maksudnya kalau lagi pengen city tour atau mengunjungi tempat-tempat wisata, lebih baik startnya dari jam 9. Gak perlu terlalu pagi (umumnya tour besar kan start jam 7), karena kebanyakan tempat-tempat dikorea baru beroperasi jam 10 pagi. So take your time ;)

7. Jangan pilih-pilih atau menyisakan makanan
Seperti layaknya budaya yang baik, tentunya pilih-pilih makanan atau makan tapi bersisa bukan kebiasaan yang baik. Nah, kalau dikorea kadang sampai ekstrem ditegur loh kalau kita begitu, mungkin karena mereka menghargai makanan lebih dari apapun kali ya. Aku sendiri pernah ada pengalaman, waktu makan sandwich di cafe milik SJ's Yesung gak habis karena kekenyangan. Eh, pas balikin tray, ditegur langsung sama mamanya sambil senyum-senyum beliau bilang "gak enak ya" jadi salah tingkah deh aku saking gak enak sama mamanya hehe please forgive me XD

8. Menusuk makanan dengan sumpit
Ini penting untuk gak dilakukan ya apalagi kalau lagi makan sama orang banyak. Seperti dibahas dipost sebelumnya, orang korea nganggap makanan itu anugrah dari leluhurnya, jadi menurut kepercayaan mereka kalau kita nusuk makanan sama aja kita gak menghargai pemberian leluhur. Memang sih mungkin kepercayaan kita berbeda dengan mereka tapi gak ada salahnya untuk berhati-hati supaya gak menyakiti perasaan mereka.

9. Memanggil taxi dengan satu jari
Hati-hati nih kalau lagi manggil taxi selama disana, usahakan memanggilnya jangan satu jari kaya biasa kita disini. Dikorea itu udah termasuk gak sopan loh. Cara memanggil yang benar adalah memanggil dengan melambaikan seluruh telapak tangan. Hal ini juga berlaku untuk mengancungkan jari. Kalau di Indonesia, acungkan jari telunjuk, kalau disana acung semua jari (atau tangan)

10. Jangan menolak pemberian orang lain
Kalau di Indonesia kita kenal dengan istilah basa-basi kalau disana mungkin ada juga tapi gak dalam hal memberikan sesuatu atau nawarin makan. Kalau ada yang ngasih sesuatu atau nawarin cicip-cicip makanan, sebaiknya jangan ditolak karena kemungkinan terbesarnya mereka akan tersinggung karena mikirnya makanan atau barang mereka gak semenarik itu untuk diterima.. wah bahaya nih kalau salah-salah bisa bikin orang sedih.

Oke segitu dulu hal-hal yang sebaiknya gak kita lakuin selama dikorea, nantinya kita bakal post lebih banyak lagi mengenai kebudayaan mereka. Follow blog ini ya atau subscribe feed kita biar gak ketinggalan infonya. Semoga bermanfaat. 

1 comment:

Anggi Desi Sari said...

aku mau tannya nih..
waktu kamu ke korea kamu tinggal di mana?
trus ngurus visanya seperti apa?